Pengenalan Internet

Pengertian Internet

Internet dapat dijabarkan menjadi 2 pengertian, yaitu :
INTERnational NETworking merupakan gabungan dari dua komputer atau lebih yang saling berhubungan dan berbagi sehingga membentuk jaringan komputer dengan jutaan komputer diseluruh dunia dengan saling bertukar informasi.
INTERconnected NETwork merupakan suatu sistem komunikasi global yang menghubungkan seluruh komputerkomputer, perangkat jaringan diseluruh dunia.

Layanan Internet

Pada bagian ini, saya akan coba jelaskan mengenai layanan-layanan yang ada pada internet.

World Wide Web (WWW)

Merupakan bagian dari teknologi internet yang berfungsi sebagai ruang penampung informasi dari alamat Uniform Resource Locator (URL).Diakses menggunakan web, sebagai penyedia informasi dan data untuk dapat diakses bersama, baik akses berupa teks, gambar,  suara, video, dan multimedia.

Electronic Mail (E-Mail)

Merupakan suatu sarana berkirim surat melalui media jaringan internet, alamat email bersifat unik, dapat berkirim data mulai teks, gambar, video, dll

Instant Messaging (Chat)

Merupakan sarana untuk berkomunikasi dengan pengguna lain diseluruh dunia, dengan menggunakan akun yang telah dibuat sebelumnya, dan menginstal aplikasi yang disediakan oleh pemilik aplikasi.

File Transfer Protocol (FTP)

Merupakan fasilitas yang dapat digunakan untuk berkirim dan mengambil data informasi, pada umumnya terdapat mesin yang dinamakan FTP Server.

Komponen Pembangun Internet

Sebuah komputer saja tidak cukup untuk dapat melakukan koneksi menuju internet. Berikut ini merupakan komponen-komponen yang membangun jaringan internet.

Content Provider

Merupakan bagian dari teknologi internet yang akan menyediakan sumber informasi, sering disebut dengan Server, contoh : Web Server, FTP Server, Mail Server, Streaming Server, dll. Sering juga disebut Internet Server.

Internet Service Provider (ISP)

Merupakan perusahaan penyedia infrastruktur jasa koneksi internet, dan didalamnya terdapat kumpulan perangkat jaringan komputer seperti Server, Router, Switch, dan perangkat penunjang lainya sehingga membentuk suatu jaringan yang dihubungkan dengan jaringan ISP lain. Contohnya seperti Telkom Speedy, Indosat, dll.

Customer Premise Equipment (CPE)

Merupakan perangkat yang berada disisi pengguna, seperti komputer, modem, saluran telepon, kabel, yang biasanya disediakan oleh ISP.

Network Connection

Merupakan sarana koneksi dari ISP ke sisi CPE, bisa menggunakan media kabel, wireless, hingga satelit.

Browser

Merupakan media aplikasi yang disediakan oleh pengembang yang digunakan untuk mengakses layanan WWW melalui form URL yang disediakan oleh pengembang Browser tersebut. Contohnya seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, Opera, Safari, Internet Explorer, dll.

Teknologi Internet

Komponen-komponen Internet di atas hanya komponen secara umum yang harus ada untuk membangun internet. Di samping komponen-komponen tersebut, Internet juga membutuhkan beberapa teknologi untuk menunjang adanya internet.

DNS (Domain Name System)

Merupakan sistem yang menyimpan informasi alamat IP dan nama domain Contoh  : alamat URL http://www.google.co.id  = 209.85.175.99.

Untuk artikel lebih lanjut mengenai DNS, dapat dibaca pada artikel Pengertian, Jenis, dan Konsep DNS.

Web Server

Merupakan perangkat server (hardware dan software) yang berfungsi menerima permintaan HTTP dan HTTPS dari browser pengguna dan mengirimkan hasilnya berupa informasi teks, gambar, suara, video, dan lainya yang umunya berbentuk dokumen HTML.Web server yang sering digunakan adalah:- Apache : Untuk multi platform- IIS : Platform Windows

E-Mail Server

Merupakan layanan berkirim surat melalui jaringan komputer dengan menggunakan   aplikasi yang dikembangkan oleh berbagai vendor. Setiap email memiliki alamat yang berbeda dan bersifat unik.

Struktur  alamat email :   nama@namadomain.comdimana tanda “@” adalah untuk memisahkan nama dan domain.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Isi komentar pada form berikut :